Friday, February 25, 2005

Mei 18

Sesuai rencana, I’m going to begin my big project with listing some questions for my proposal.
Before doing it, I will construct my mind first about what proposal is. Alwasilah says in his book (A. Chaedar Alwasilah. (2002). Pokoknya Kualitatif: Dasar-dasar Merancang dan Melakukan Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Dunia Pustaka Jaya dan Pusat Studi Sunda) that “proposal adalah argumen Anda mengapa ingin “repot-repot” melakukan penelitian.” Fokuskan pada educated layman yaitu pembaca terdidik yg tidak memiliki keahlian spt Anda. *proposal ini dibuat untuk seminar judul, spy ntar bisa dpt pembimbing, terus dimatangkan, lalu jadi deh Chapter I*
tujuan penelitian (pertanyaan penelitian tdk termasuk) --> ngapain sih saya ‘repot-repot’ mau ngadain penelitian ihwal proses menulis dgn menggunakan metode jurnal? Well, yg paling menjadi my major concern is that I like writing. Sedangkan dari semua matkul Writing I-V *kecuali pas P’ Pupung and P’ Abu* saya tidak menemukan metode yg membuat adrenalin saya bersemangat dlm meningkatkan kesukaan saya thd menulis tdk sekedar suka tapi jadi berkemampuan u/ menulis.
I found in Musthafa’s proposal (in Alwasilah’s book) that he didn’t put some quotations from the author where he took the reference. Maksudnya, ada beberapa referensi yg nama penulisnya tdk saya temukan di bagian isi proposalnya. Apakah hal itu berarti Musthafa membaca buku tsb sbg tambahan pengetahuan tapi tdk mengutip sesuatu pun? Dan apakah diperbolehkan untuk memasukkannya ke bagian References?
Pada semester ini saya menemukan bahwa dalam dua level yg berbeda—Writing III dan Writing V—digunakan metode yg sama yaitu collaborative writing dgn materi yg juga sama!!
L Koq jadi ngomongin collaborative writing? Saya kan mau nulis journal in improving writing skills? #@!z?$^
general question: saya ingin mengetahui bagaimana the influence of using journal in improving writing skill.
Specific question (disimpen di Pertanyaan Penelitian) :
bagaimana peran teman dlm proses penggunaan jurnal untuk meningkatkan writing skill?
bgmn peran dosen? Cenderung formalkah?
…………*masih banyak lagi tapi ga ditulis disin*

:( pussing…dah jam 11.10 pm niy…
The points:
1. pilot study dirujuk disini
2. penelitian ttg collaborative writing
3. penelitian ttg groups journal
4. penjelasan ttg my research yg akan menggunakan group journal dlm collaborative writing
Alhamdulillah…tinggal dikembangkan saja but it’s the hardest work.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home