Thursday, February 24, 2005

April 22, 2004 the 1st title

At last…jadi juga my journal book. Emang ya, klo ngga dipaksain ngga akan jadi2. The book is intended to collect my understanding about what I will do with my paper.
So..when I find something interesting or that maight be useful for my papeer I should wwrite it down. Don’t forget the sources!!!!

What I know about “penelitiaan”

  • Yg pasti seh…penelitian sangat menunjang data dlm membuat paper :)
  • Ada dua macam penelitian (1) kuantitatif, pake angka2 gitu deh ngitung hasilnya (2)kualitatif, hasilnya dideskripsikan oleh the writer dan bersifat narrative. So…the writer should be expert on what written
  • Metode penelitian juga banyak tuh..yang dah aku baca seh ada experimental, descriptive, terus…apa lagi ya? :(

Menurut buku yg ditulis oleh Ibrahim dan Sudjana , Nana. (1989). Penelitian dan penilaian pendidikan. Bandung: CV. Sinar Baru, penelitian kualitatif itu:

  1. memusatkan peerhatian pada konsep yg timbul dari data
  2. konsep yg timbul dr data empiris dicari hubungannya u/ membentuk teori substantif
    lebih bersifat deskriptif analitik ‘???’
    ‘tring!’ data dari hasil penelitian disusun tdk dituangkan dlm bentuk enumerasi /statistik.
  3. Hasilnya berupa gambaran ttg situasi yg diteliti
  4. sifatnya induktif:
    1. lapangan: data yang terpisah2 tetapi saling berkaitan
    2. penulis tdk membuat asumsi telah mengetahui apa yg akan dipelajari
    ‘???’ terus dlm mbuat paper-nya, jgn dulu literary review dunks?
    ‘tring!’ iya…jadi tdk berangkat dr teori yg sudah dipersiapkan sebelumnya tapi dari lapangan bdasarkan lingkungan alami
    ‘tring lagi!’ tapi ttp aja hrs bikin bab 2 dulu, spy qt punya gambaran ttg isu yg mo diangkat
  5. dituntut wkt yg cukup lama duh..seberapa lama, ya? Klo satu semester cukup ngga, ya? Kan pgn cepet lulus ^_*
  6. tujuan utama peneliti adalah mencari informasi, bukan menilai suatu situasi. Nilai penelitiannya itu sendiri adl mdeskripsikan pengertian atau makna dr suatu proses

reliabilitas = keterandalan
*walaupun ngga pake hitung2an tp ttp hrs ada reliabilitas*

^_^ significance of the study

khusus : dosen writing IV bisa mempunyai gambaran ttg keadaan mahasiswa..so..students dikasih gambaran dulu ttg critical thinking spy pas dikasih materi argumentative texts, mrk ga blank, pny persiapan u/ menjadi critical thinker

umum: mpersiapkan lulusan yg mampu berpikir kritis so bisa aware thd lingkungan sosial yg sangat berpengaruh dlm hubungan dia dgn murid2nya as they are intended as the prospective teachers

Dituntut ketajaman dan kecermatan dlm mengamati, mencatat suatu proses dan aktivitas yg nampak dlm realita, serta menganalisisnya dlm satu kesatuan yg bermakna (Ibrahim dan Sudjana)

^_^ actually, aku sendiri (klo jd pake kualitatif) sdg mengimplementasikan my critical thinking. Aku kan musti men-interpret data—yang tentu butuh critical thinking!! Wuih…hrs sabar dan teliti neh.